fiLs4F4t


filsafat sebagai sumber ilmu adalah menarik untuk dipelajari guna menambah kualitas kecerdasan berfikir. ada beberapa ceriata menarik yang berhubungan dengan filsafat, diskusi mahasiswa suci dengan kyai misalnya atau kisah kyai bahlool… sangat menarik untuk dicermati. baik, untuk kali ini saya mencoba memaparkan kisah diskusi masiswa suci dengan kyai, begini ceritanya;

DISKUSI MAHASIWA SUCI DENGAN KYAI

panggila saja Dia Dwi, mahasiswa senior yang sering nimbrung dengan junior dalam membahas pengkaderan atau dalam pembicaraan idealisme. beberapa waktu lalu kebetulan banayak tanggal merah yang bedekatan, sehingga mahasiswa banyak yang mengagendakan untuk mudik. Dwi salah satu perantau ulung yang belum pernah pulang dan gak akan pulang sebelum menyelesaikankan kegiatan akademisnya, biasanya waktu libur Dwi sering mengisinya dengan kegiatan pengkaderan, atau kalau tidak ada jadwal pengkaderan Dwi selalu ikut temannya mudik di daerah terdekat, ya itung-itung nambah wawasan baru. dalam liburan kali ini Dwi menyempatkan waktunya mengunjungi rekan sekelasnya yang sudah lama gak ketemu, dulu sering di ajak mampir tapi waktu kurang memungkinkan sehingga dwi belum sempat berkunjung kerumah temannya itu.

Subuh dilakukan dengan begitu cepat, mengingat alaram yang berdering kuat menandakan waktu keluar demi mengejar jadwal kereta cepat. berangkatlah Dwi menuju kampung  sahabatnya yang telah lulus beberapa waktu lalu, sesampai di stasion dwi langsuk masuk dengan menunjukkan tiket yang telah dibelinya minggu lalu, 20 menit kemudian kereta datang seperti biasa Dwi diam sejenak menunggu trafik kepadatan memasuki pintu mengurang. maaf ibuk bangku nomor berapa, o yaa dek maaf bawa anak kecil, adek di sebelah sana aja ya..jawab ibuk yang kebetulan bangku sebelah kosong dan kereta tidak akan menambah muatan. lalu dwi menuju kursi yang kosong dan duduk, sejenak berfikir.. memang sih masalah sepele…cuma bangku alias tempat duduk, tapi sampai kapan bangsa ini mau berhenti dari merampas hak orang lain, masih kecil aja udah di ajari merampas… sambil merenung Dwi ter tidur, melanjutkan tidur yang kebetulan malam hanya kebagian waktu satu jam untuk tidur.

Dtooooooootttttttttt,…. suara trompet kereta berdering keras, tak sadar telah empat jam Dwi di kreta dan sampai di tempat tujuan. di lihat Hp, 5 panggilan tak terjawab dan 5 sms di terima, tiga sms dari adik tingkatnya yang mengajak maen ke kampung halamannya sementara dua sms dari Aris teman yang akan di kunjungi. Dwi, saya tunggu di pintu keluar stasion sms dari Aris. tanpa banyak pikir Dwi menenteng tas dan menuju pintu keluar, halo sobat… gila asik juga kampung loo ya.. yoi jawab aris. keduanya menuju kendaraan dan menuju kerumah aris, setiba di rumah Aris Dwi disambut baik dan diperkenalkan aris dengan keluargannya. perkenalkan yang ini abi saya dan yang ini paman saya Kyai alias guru di pesantren ‘…’ ya pak perkenalkan Dwi teman sekelas Aris. ya silahkan duduk nak.

sore harinya Aris mengajak Dwi jalan-jalan ke pesantren pamannya, sesampai di pondokan Aris disapa pamannya kemudian Aris dan DWi mendekat ke paman Aris. baru selesai sholat jamaah, kalian udah sholat? ujar paman Aris, belum jawab Aris. usahakan sholat awal waktu, banyak keutamaannya. terjadilah diskusi antara Dwi (mahasiswa sici) dengan paman Aris (KYAI).:

mahasiswa sici : maaf emang sholat itu apa?

KYAI : maaf kepercayaan anda apa?

mahasiswa sici : maaf pengetahuan saya belum cukup, jadi bertannya. itu pun kalau KYAI berkenan menjelaskan.

KYAI : sholat itu kewajiban umat islam, disitu perbedaan umat islam dengan yang lainnya.

mahasiswa sici : OOO,.. emang islam itu apa KYAI?

KYAI : ah, kamu ini aneh-aneh aja..

mahasiswa sici : maaf bisa dijelaskan kyai!

KYAI : ya… masa mahasiswa ga tau nama-nama kepercayaan

mahasiswa sici : maksud KYAI?

KYAI : ya, islam itu agama yang di bawa dan di ajarkan Nabi Muhammad Saw. kepada umatnya..

mahasiswa sici : ajarkan!!!!, pelan suara Dwi secara tidak sadar

KYAI : setiap insan pasti berusaha mengenal tuhannya, di islam diajarkan tatacara untuk mengenal tuhannya dan setiap orang berhak memeluk agama islam atau agama keselamatan.

mahasiswa sici : bagaimana caranya KYAI?

KYAI : semua ibadah ada rukunnya, yang harus diketahui dan dikerjakan demi keabsahan sholat tersebut. dimana untuk menjadi muslim, beragama islam seseorang harus membaca Syahadat.

mahasiswa sici : syahadat itu apa KYAI?

KYAI : nanya melulu, benerni belum tau…

mahasiswa sici : kok …..marah!!!!

KYAI : ya syahadat itu penyaksian, bahwa hanya Allah yang wajib di sembah dan Muhammad Rasul Allah.

mahasiswa sici : oooo… kalau syahadat itu ibadah bukan?

KYAI : ya,..benar ibadah…untuk di terimannya ubadah lain.

mahasiswa sici : kalau begitu Rukun Syahadat itu apa KYAI?

KYAI : sejenak KYAI terdiam… lalu, kamu ini nanya atau ngapa sih… dari tadi nanya melulu… KYAI sambil marah.

mahasiswa sici : ya kyai maaf, tadikan kyai bilang kalau ibadah rukunnya belum tau atau gak dikerjakan ibadahnya ga sayah atau g di terima. dan kyai bilang belum  syahadat ibadah lain gak di terima. terus kalau rukun syahadat belum tau, apa syahadat kita di terima KYAI.. sekali lagi maaf?

KYAI : kalau mau syahat-syahadat,.. jangan banyak nanya tapi g mau… payah…

melihat muka paman merah,. Aris langsung menarik Dwi dan mengajak Dwi menuju masjid…

udah dulu ya..ceritannya… biar KYAI mikirin rukun syahadat… saya tinggal kul dulu..

bandung, 20 OK 2009

Bang Salam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: