yong DoLaH naek HaJi


ni abang nak cito… minggu semalam abang balek kampong…. alham dulillah ketemu yoNg… bebagi cito lah abang dengan yong..

dari bandara simpang tiga,.. abang di jempot TrAvEl, menuju ke kampong (sabaaouh)… ee… sampai di simpang siak hujan lebat betol jalan putos.. driver travel bilang elok nyambong naek Spet bOOt. tak lengah abang turon ke jalan, tak peduli hujan lebat sebab abang ado liat kedai kopi. macam tak salah liat ado yOnG DolAh ka kedai tU, abang tiak Yo…nG.,, a… engkau LaM, ingat lagi samo kampong? ingat yong, yong apo KabO?.. sehat, yonG selalu SeHaT. apo cito… ni nak balek,.. jengok Abah.

betol yoNg… minggu lalu abah SmS, di cakap HP tak bisa buat sMs.. jadi peneng aku dibuat..tak bisa SmS tapi bisa SmS!!

yoNg, jadi naek HaJi taon kemaren Yong.?

alham dulillah… jadi… betol jugo cakap pak ustaz….mangkonyo engkau rajen siket ikot pengajian…

pak ustaz, siapo tu yong..?

oaang tiak DiO baNg SalAm…

bagi tausiah Apo baNg SalAm samo YoNg?

waktu puaso dulu BanG salam sempat kemasjed awak, bagi  PengaJiaN. BanG salam BiLang, PasanG NiaT… kalau pasang niatTu yang jelas, yong tanyo jelas macam mano? setau yong siapopun pasang niat dalam ati mano pulak bisa jelas. maaf yong, bukan jelas dapat dilihat dengan mato kepalo..sahut bang salam. dijelsakan samo dio… jelas alamat nyo, dio kasi contoh kalau pasang niat nak kawen alias nikah pasang niatnyo “bulan februari tanggan 14 sayo siap nak melangsungkan resepsi”. yong citokan lah niat yong nak naek hAjI., lang sOng BaNG salam ajo dengan semangat, pasang niat yang betol tu… mudah nyo.. tinggal ucap BismiLLAh,… kuatkan dalam hati Taon depan HArus bIsa beranGkat HAji demi menjalankan perintah Allah dan dengan panggilanNYA.

trus…!!!

pulang dri pengajian itu, yoNg pasang niat..sembayang tahajud. pagi yong kuatkan nIat itU. tiap hari yong ingat niat Tu, sampai dekat bulan HaJi belom go tekumpol diet….hampir yong putus asa.. ternya alhamduliLLah yong bisa juga naeh haji akhirnyo…

cam mano critonyo tu yong, dari putus asa dan akhirnyo tercapai jugo cita-cita YonG.?

panjaaaaaanG, critonyo lam… kalau yong critokan abes 7 gelas kopi pon belom tentu selesasi.

jangankan 7 gelas kopi, 10 gelas kopi pon saye kuat nunggu kalau cerito dari yong.

yolah, yo critokan… gini dio; waktu itu selesai sholat jumAt, kuat niat yong cari duet buta naek haji meski waktu tinggal 2 hari lagi jemaah nak berangkat. yong tak peduli ado jatah tidak buat yong berangkat, yang jelas yang dah daptar ke pegawai pemberangkatan haji. yong berangkat bawa pompong nak jareng ikan, ingat kedai kopi yong ambe dompet dan berangkat ke kedai kopi kejap. maklom yong tak kuat kalau tak minom kopi. selesai minom kopi yang berangkat, ditanyo budak ka pelabuhan Nak kemano yong? yonG jawab CAI IKAN. di cegah, budak-budak tu cakap angen Kuat. yong tak peduli yong belom cukop duet lagi buat berangkat HajI,. iyo betol Angen kuat, tapi yong bentang jugo jareng.

setelah sejam lebih yong di laot, betambah kuat angen. kuat betol, sampai yong tak sado diri yong pengsan di bawa angen, beputo-puto angen bawak yong naek ke atas… kuat betol, sampai macam supermen yong terbang begitu cepat. dan yong pon pingsan. tak tau berapo jam yong pengsa, yong siuman hari dah gelap, yong bukak mato..adoy… sangkot kak poho apo ni, yang pegang batang pohontu licen. belom ado kulet kayu macam ni, yong lihat bawah, mak banyak betol lampu hias kedap kedip. yong perhatikan elok-elok, lagi di mano ni ye. yong beniat nak turon, tapi tinggi betol, yong diam sekejap sambel ingat-igat macam pernah lihat bentok bangunan macamni, eeee baru yong ingat.. disisarkan di TV pas bentoknyo macam ni. tuah betol yong bisa tesangkot di tugu moonas ni. orang satu kabupaten ni mungken baru yOng yang dapat naek ke puncak tugu monas ni, itu pon yang tak sengajo.

malam tu yong lanjotkan tidor, mungken yong lelah betol sampai bangun kesiangan sampai tetinggal sholat subuh. yong liat kebawah ramai betol orang, yong tiak ke bawah mintak tolong. mak banyak orag besorak suasana jadi ramai, yong tengok pas di bawah yong ado banyak orang sedang memanjat. ruponyo ari tu sedang ado perlombaan manjat tugu monas, banyak silap panitia yong lah yang tercatat sebagai peserta pertama yang sampai ke puncak. yong di bantu turon pake heli, mak senanghati yong dapat turun dengan selamat. yong tecengang bingong, tak dapat menjelaskan apo yang terjadi, setelah tu panitia memberikan hadiah buat yong. banyak yang betanyo, sebagai penghargaan sebagai pemenang yong mintak apo? yong tebatah-batah cakap…yong..ing..en naiK HaJi Taon ini. apo yong? tanyo panitia samo yong.. yong senyum dan cakap NIAT YONG INGEN NAIK HAJI TAON INI sambel nunjukkan kartu pendaftaran haji. karna dilihat serius dan yong semangat, permintaan yong dikabulkan panitia.

tak sempat balek kampong, hari tu jugo yang langsong di antar ke tempat pelatihan peserta haji taon ini dan seminggu kemudian yong berangkat naek haji. yong tekenang keluarga anak bini, apo pulak di piker orang di rumah ni. pas taem nak berangkat yong diwawancarai wartawan dari TV ternamo di negri ini, tulisan dio TV OnE, pade clossing stetmen wawancara yong tinggalkan peasan buat keluarga, kalau pemberangkatan yong naik haji kali ini kejutan buat keluarga atas niat yong.  selesai wawancara yong dengo pengunguman peserta haji segera menuju pesawat lewat gate 1. yong langsong ambek tas dan menuju pesawat.

hari tu yong tecengang, mak beso betol pesawat ni. yong baco GARUDA INDONESIA, pandai betol budak jaman sekarang ni dari mimpi burong garuda terbang bisa pulak dio buat pesawat se beso ini. naseb yong tak sempat sekolah banyak, kalalulah yong sekolah tinggi mungken yong yang buat pesawat ni. dan yong pon naek ke pesawat, sampai di pesawat pramugai ajkan cara pakai sabok pengaman dan aturan keselamatan yang laen.  dah nak berangkat, ado pulo cerito pilot saket perot dan tak bisa menjalankan tugas, mak geram hati yong mendengo pengumuman tu. dah 15 menet nunggu pesawat belom terbang jugo, yong tanyo samo pramugari yang sedang mencubo menenangkan hati penumpang, di jawab tak do kapten pngganti. mulai naek pitam kepalo yong, yong maju kedepan dan menyatakan siap jadi kapten pada penerbangan kali ini. bsorak budak dalam pesawat tu, engkau bisa apo!!!!! belom tau budak tu siapo yong. kebetulan ado muner dalam pesawat tu, muner budak kampong jawo tu cakap yong bisa!!!!! tediam budak dalam pesawat, muner cakap yong Dolah ni orang pandai dalam kampong kami. pegawai kapal mulai pecayo samo yong, yong diajak kedepan, yong cakap apo pulak susah jadi pilot TinGal pencet-pencet tombol dan ikuti jalor sampai tempat tujuan. menguatkan keyakinan ado yang betanyo, yo yong “yong’ bisa… Bisa sahut yong. tanpa buang waktu yong langsong kemudikan pesawat tu, ado lah sekitar 8 jam yong bawak pesawat dan sampi jugo di JeDah. yes yong berhasel,… semuo awak kapal mengucapkan terimakaseh samo yoNg.

teraso lapo perot,. yong begegas turon, jaah yang laen dah jaoh yong di tinggal. yong menuju tempat bagasi untok abek tas, sampai situ jaah laen dah tak ado yang nampak, yong tanyo samo petugas tas yong di mano kok tak do nampak petugas tu tak tau bahaso melayu. kesan nampak tas yong sedang bejalan diatas karpet, tah apo namo karpet tu yang jelas dio bejalan bawak tas yong yong ambe tastu dan keluo cari jemaah yang laen. belom jumpo lagi dengan jamaah yang laen tak kuat yong menahan lapo.. YoNG lihat kiri kanan tak do nampak kedai nasi, yong tanyo samo orang di sano tak do yang atu bahasa yong,.. untong….yong ingat, tak sio-sio yong belajo ngaji waktu kecik dulu… yong pengang tangan orang yang ado di tempat tu, yong cakap ikhdinassirotol Restourant… itukan potongan dari ihkdinassirotol mustakin,.. ikhdinassirotol artinya tunjuki aku jalan… alhamdulillah betol jugo caro yong mintak tunjok jalan ke restouran. samapai di restoran yong makan sebanyak mungken, bio cukop energi buat cari kawan laen dan menjalankan rukun haji nanti.

‘alamak cucu yong tiak’ dah dulu ye cri yong.. engkau lam balek dulu.. sampaikan salam yong samo abah engkau..

penasaran jugo kelanjutan cerito yong, tapi saye harus balek kerumah dulu… langsong saye menuju pelabuhan cari spetboot menuju sungai apit… daaaaa

One response to this post.

  1. yolah yong…. ubah pandangan awak tentang masa lalu, bio semuo sanak famili awak dapat naik haji cepat..

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: